Monday, January 8, 2018

ULASAN: INSIDIOUS 'THE LAST KEY'




Kritik bertubi-tubi pada film ketiga Insidious sepertinya tidak terlalu mengurungi pihak studio untuk membuat film keempatnya. Total 113 juta dollar yang diraih fil ketiganya dengan budget hanya 10 juta dollar terlalu sayang dihentikan begitu saja. Setidaknya masih banyak penonton yang masih penasaran dengan franchise yang diciptakan James Wan ini. Insidious: The Last Key adalah sequel dari film ketiga, tetapi prequel dari dua film pertamanya. Jadi jika kamu belum menonton dua film pertamanya, sangat direkomedasikan untuk menonton film ketiganya terlebih dahulu agar tidak merasa bingung dengan karakter-karakter utamanya.


Disutradarai oleh Adam Robitel (Paranormal Activity: The Ghost Dimension, The Taking Of Deborah Logan), pada film keempat ini kita akan lebih mengenal karakter Elise (Lin Shaye) setelah film dibuka adegan dibuka dengan masa kecil Elise. Elise yang sudah pensiun sejak peristiwa mengerikan di Insidious: Chapter 3 kini berurusan kembali dengan kegelapan dan iblis jahat. Ia bersama Specs (Leigh Whannell) dan Tucker (Angus Sampson) pulang kembali ke kampung halamannya untuk menyelidiki gangguan supranatural dirumah yang pernah ditempati Elise saat muda dulu. Kembalinya Elise ternyata hanya makin membawanya dalam keadaan mengerikan dan memburuk.


Mengangkat cerita masa lalu Elise pada seri Insidious terbaru ini adalah suatu penyegaran. Dari sana kita akan diajak mengenal karakter Elise sang parapsikolog lebih dekat lagi bagaimana Elise jugalah karakter yang cukup rapuh. Hal yang tidak diperlihatkan pada tiga film pertamanya. Dan itulah satu-satunya penyegaran yang dirasakan pada film ini. Sisanya ? jika kamu tidak memasang ekspetasi tinggi untuk film ini, maka kamu akan bisa menikmati film ini sampai akhir. Horor yang tidak sekuat dua film pertama dan komedi meskipun cukup membuat tertawa, tetapi porsinya yang cukup banyak jadi mengaburkan genre horor yang sudah diusung oleh Insidious itu sendiri.


Hal yang terasa sangat minus pada seri ini ada pada makhluk halus yang menjadi antagonis utama yang semakin kehilangan teror yang dirasakan sejak film ketiga. Selebihnya Insidious 'The Last Key' adalah film horor kebanyakan dengan hal klise seperti adegan 'jumpscare'-nya. Tetapi percayalah, Insidious 'The Last Key' jauh lebih baik dari pada Insidious: Chapter 3. Tetapi jangan dibandingkan dengan dua film pertamanya, itu seperti membandingkan dengan tidak yang seimbang.

Subscribe to this Blog via Email :