Thursday, August 17, 2023

ULASAN: BLUE BEETLE





Buat kalian yang mengikuti genre film superhero pasti sudah mengetahui kalo DCEU era sudah berakhir karena banyaknya drama yang terjadi baik itu terkait filmnya maupun terkait aktor/aktrisnya. Berakhirnya era DCEU ditandai dengan rilisnya film solo Flash bulan juni lalu. Nah Blue Bettle sudah dikonfirmasi sebagai tokoh DCU pertama tapi bukan film pertama (penjelasannya silakan baca di https://bit.ly/3OARi9P). Blue Bettle menawarkan udara segar dari trailer yang beredar karena all looks good and proper. FDiproduksi oleh DC Studios dan The Safran Company dan disutradarai oleh Ángel Manuel Soto dan ditulis oleh Gareth Dunnet-Alcocer. Film tersebut dibintangi oleh Xolo Maridueña sebagai Jaime Reyes / Blue Bettle bersama Adriana Barraza, Damián Alcázar, Raoul Max Trujillo, Susan Sarandon, dan George Lopez. Fun fact tadinya film ini diperuntukkan untuk layanan streaming HBO Max sebelum diubah untuk dirilis di bioskop.


Blue Beetle mengisahkan Jaime Reyes, seorang remaja Meksiko-Amerika yang menemukan relik scarab kumbang yang secara tidak sengaja menyatu dengan tulang punggungnya dan memberinya kemampuan untuk memanggil armor berbentuk serangga yang canggih. Meskipun ini mungkin tampak seperti blessing in disguise, dalam perjalanannya Jaime menemukan bahwa armor tersebut memiliki pikirannya sendiri dan terkadang mampu mengendalikan dirinya. Terlebih lagi ada Victoria Kord (Susan Sarandon) salah satu petinggi Kord Industry yang berusaha merebut teknologi scarab tersebut demi pengembangan senjata militer tercanggih dan tidak segan-segan melakukan segala cara termasuk mengancam keselamatan keluarga Reyes. Namun di tengah kekacauan, Jenny Kord (Bruna Marquezine), putri dari CEO Kord Industry Ted Kord, yang mencoba membantunya sekaligus menguak misteri relik scarab tersebut yang ternyata berhubungan dengan ayahnya.


Keseruan film ini tentu harus disaksikan sendiri di layar bioskop karena banyak adegan spektakuler yang mungkin bisa dibilang agak mirip dengan vibe Iron Man di MCU Ketertarikan dengan Blue Beetle sebetulnya dimulai sejak menonton animasi Young Justice dan high expectation banget ketika tahu live action movie nya akan tayang Agustus ini. First act yang berfokus pada pengenalan Jaime dan keluarganya dilakukan dengan baik dan rapi. Pengembangan karakter dilakukan dengan baik dan semua anggota keluarga Jaime mendapat porsi yang pas. Porsi komedinya pun seimbang dan tidak terlalu mengganggu. Second act yang memfokuskan konflik antara Jamie dan Veronica cukup solid hanya sayang Susan Sarandon sebagai Villain tidak terlalu berkesan dan terkesan satu dimensional saja. Third act cukup memuaskan karena ada momen- momen jatuh bangun sang Blue Beetle yang membentuk karakternya sebagai superhero. Vibe film keluarga dan film superhero sangat terasa namun kualitas dan cerita yang solid akan membantu para penonton menikmati film ini


Sebagai film superhero formula yang dipakai agak generik namun Blue Beetle memiliki potensi menarik di Future Film DCU. Pemilihan cast dan kemampuan akting yang mumpuni turut memberi kesan positif film inu. Desain armornya bagus dan sangat mirip dengan komiknya demikian pula CGI saat transformasi dan pertarungan dibuat sangat niat dan sepenuh hati CGI. Film ini paket lengkap yang cocok ditonton sendiri ataupun bersama keluarga. Sang sutradara berhasil membuat film yang memuaskan hati para fans ataupun penonton awam. Selanjutnya kita tinggal menunggu sepak terjang Blue Beetle di DCU akan seperti apa.



OVERALL : 7.5/10

Subscribe to this Blog via Email :