Wednesday, August 9, 2023

ULASAN: TEENAGE MUTANT NINJA TURTLES 'MUTANT MAYHEM'

Tidak terlalu sukses dengan dua versi live actionnya, franchise TMNT mencoba kembali ke akarnya. Hadir kembali dengan format animasi. Tidak tanggung-tanggung kali ini hadir dengan format animasi yang cukup fresh yang terinspirasi dari format animasi Into the Spider-Verse yang memang sukses besar. Nama duo Seth Rogen dan Evan Goldberg memborong bberapa jabata sekaligus sebagai produser, penulis naskah dan bahkan pengisi suara. Duo Seth Rogen dan Evan Goldberg memang teruji solid dalam beberapa karya mereka. Sementara kursi sutradara diserahkan pada Jeff Rowe yang juga merupakan debutnya sebagai sutradara film panjang.

TMNT: Mutant Mayhem sendiri kembali membawa penonton pada origin genk kura-kura ini ketika pertama tercipta menjadi mutant. Dengan sebuah flashback yang dinarasikan oleh Splinter (Jackie Chan) sang guru dan juga orang tua yang merawat dan melatih 4 kura-kura ini menjadi 4 orang petarung tangguh. Namun keterasiangan membuat 4 kura-kura yang beranjak remaja ini mencoba hal-hal yang dilarang, dan hal tersebut mempertemukan mereka dengan April (Ayo Adeberi) dan memulai pertemanan mereka dengan manusia. Namun perkenalan terebut juga mengantarkan mereka pada komplotan Superfly yang ternyata juga mempunyai asal-usul yang sama. Tidak butuh waktu lama perbedaan visi dan asumsi membuat mereka harus bentrok. Sekarang 4 kura-kura harus menghentikan rencana jahat Superfly disaat ada organisasi rahasia manusia yang mengincar mereka.

Meski visual animasi terinspirasi dari Into the Spider-Verse, namun perbedaan cukup kontras 2 animasi ini cukup terasa. Untuk TMNT sendiri lebih dominan seperti lukisan atau coretan warna krayon dalam buku gambar. Menontonnya seperti membuka halaman demi halaman buku gambar. sepertinya konsep animasi speerti akan makin sering kita temui di film-film animasi besar hollywood selanjutnya.

Semenatar untuk sisi cerita sendiri meski plot utama mengenai origin dari TMNT namun tetap memasukan unsur dari issue yang cukup relevan untuk remaja-remaja saat ini, sepeerti penerimaan, media sosial, kesehatan mental, pop-culture dsb . Dan pengisi-pengisi suara 4 karakter utama bisa mewakili semua itu mulai Donatello (Micah Abbey), Raphael (Brady Noon) Michaelangelo (Shamon Brown Jr) Leonardo (Nicolas Cantu).

Hadir dengan lebih segar, TMNT: Mutant Mayhem memberikan tontonan yang cukup memberikan sesuatu yang tidak ada seri-seri sebelumnya. Memang belum sedalam Into the Spider-Verse dikarenakan terlalu banyaknya karakter, tapi setidaknya versi terbaru ini bisa sedikit keluar dari bayang-bayang jebloknya dua film live actionnya.


Overall: 8/10




Subscribe to this Blog via Email :